PartS LED . LCD

cari artikel disini

Kamis, 27 Oktober 2016

Tips Cara Praktis Setting EQ pada Mixer Sound System untuk Channel Microphone

enyetel suara Microphone yang kita pasang pada peralatan mixer dan sound system lainnya terbilang cukup mudah, namun juga cukup susah. Hal pertama yang harus kita fokuskan terlebih dahulu adalah untuk keperluan apa suara yang dihasilkan dari Microphone ini, apakah untuk keperluan pidato atau keperluan nyanyi (orgen tunggal / musik). Urutan alur perjalanan (lalu lintas) sinyal suara antara microphone (sebagai sumber suara / input) kemudian masuk ke mixer serta perangkat seterusnya sampai ke tujuan akhir (sinyal output yang kita dengar yakni "Main Speaker"). Apakah diantara input dan main output ini terdapat external Equalizer, Crossover, driverRack PA+, Compresor Limitter dbx, FX external dan kemudian Power Amplifier serta Speaker yang anda pasangkan pada sound system anda.


Bagaimana Cara Instalasi dan Menyetel Equalizer Internal dan External Mixer Sound System Supaya Suara Bagus

Equalizer Sound System - Pada postingan ini  kita akan membahasnya menjadi dua macam cara setting yaitu pensetingan EQ pada panel yang terdapat di body Mixer dan juga cara mensetting Equalizer di luar Body mixer (eksternal Mixer).
Di sini saya ingin berbagi pengalaman saya tentang bagaimana menyetel Equalizer yang saya petik dari pengalaman saya selaku sound-man yang juga author. Di sini kita musti paham tentang range frekuensi dan gain input dan output agar didapat suara yang boleh dibilang best audio saat menyetel Equalizer pada sound system anda supaya bersuara bagus.
EQ Mixer Sound System
Internal EQ ; terdapat tombol Low, Mid dengan Mid Freq, dan High Level

1. Pensetingan Internal Equalizer Audio

Equalizer Sound System - Sebelum kita melanjutkan perbincangan kita pada artikel ini, saya ingin mengajak anda untuk membuka atau melihat artikel saya yang terkait dalam pensentingan internal Equalizer Audio (EQ Audio) untuk memperindah suara Microphone ini. Coba anda lihat tentang pengenalan fasilitas yang terdapat pada mixer sound.
Pada tulisan yang tertera pada panel mixer terdapat banyak sekali kumpulan knob-knob yang merupakan hasil kerja komponen Elektronika berupa Variable Resistor (Potensiometer putar) yang tersusun rapi di atas body mixer ini. Fungsi Potensiometer putar pada tombol-tombol ini adalah beragam, diantaranya ada yang berfungsi untuk mengecilkan kepekaan suara dan volume sinyal; untuk mempersempit dan melebarkan range sinyal frekuensi; dan juga untuk mengecilkan dan menguatkan Tone suara (frekuensi). 

2. Pensetingan External Equalizer Audio

EQ Sound System - Berikut ini kita melanjutkan proses kerja di atas tentang internal Mixer. sebelumnya anda harus membuka dahulu tautan yang ada di atas. Proses berikut ini adalah tahapan dalam pensetingan external Mixer ini, namun keduanya saling berhubungan atau saling berkaitan dalam menghasilkan suara yang sempurna dan bagus.
Microphone Vocal  - Masing-masing merk Vocal-Microphone memiliki karakter tersendiri (harga memang menentukan kualitas bunyi). Cobalah menempatkan pada posisi FLAT (default / bypass) terlebih dahulu pada posisi tombol EQ Mixer (Tone). Posisi flat ini biasanya sudah menjadi standar seluruh pabrik audio mixer dalam menganalisa spektrum sinyal audio. Kalaupun anda ingin mengaturnya / merubahnya tergantung selera telinga anda. Saya biasanya menyetelnya dengan urutan seperti ini :
  1. Posisi flat, kemudian atur input "Gain Sens" sambil melihat display LED indicator pada posisi saklar PFL ON (ditekan), lampu indicator menyala cukup pada posisi 0 dB atau sampai 3 dB. Kondisi ini berfaedah untuk melihat energi atau kekuatan suara vokal anda yang masuk ke OP Amp channel Mixer. Saya rasa posisi 3dB sudah cukup kuat. Volume master mixer tempatkan pada posiisi 0 dB.
  2. Buka Volume Power Amplifier anda (bila anda menggunakan Passive Speaker) sambil anda bersuara dan lihat juga lampu indicator PEAK pada Power Amplifier tidak menyala. Bila mengunakan Active Speaker kondisinya pun sama. Di dalam Active Speaker system juga dilengkapi dengan LED indikator untuk menunjukkan kondisi PEAK. Lalu lintas kekuatan sinyal yang masuk ke Amplifier juga ditentukan oleh perangkat yang anda miliki lainnya, misal External EQ, Cross Over, atau audio Distributor lainnya. Malahan kadang saya melihat ada yang menambahkan Pre Amplifier rakitan yang tak jelas konsidi kalkulating input output-nya, tak tahu rating kekuatan GAIN dan LEVEL yang dikeluarkannya, sebaiknya Pre Amplifier rakitan ini ditiadakan. Kerumitannya terdapat di sini saat kita ingin mengeluarkan tenaga yang murni ke Power Amplifier, yaitu menyetel EQ external dbx dan crossover sebagai distribusi sinyal output. Sinyal output terdiri dari Low, Mid dan High.
  3. Bila suara yang terdengar di Main Speaker sudah cukup kuat (pada posisi 0~3dB pada Mixer), lalu atur posisi slider EQ dbx anda sampai didapati suara yang anda inginkan. Sebaiknya jangan menaikkan posisi slider geser ini terlalu tinggi di atas posisi Flat (default), karena ini berakibat menaikkan level frekuensi tersebut hingga melebihi nilai 0dB. Posisi flat ini artinya memiliki penguatan 1x atau sama dengan 0 dB (tanpa penguatan level sinyal). Bila terlalu berlebihan akan membuat Power Amplifier kelebihan beban input yang berakibat terjadinya distorsi / cacat, takutnya speaker anda tidak bertahan lama. Saya biasanya meredam bilah frekuensi slider 100Hz hingga 300 Hz pada Equalizer external ini. Posisi master volume EQ ext ini pada posisi 0dB. Terus atur hingga di dapati suara yang lembut namun bertenaga. Karakter suara harus kita dapati nada low, mid dan high yang pas. Pada setingan vokal untuk pidato ada baiknya suara middle lebih dominan dibanding Low. Suara low yang berlebihan membuat artikulasi suara kurang jelas didengar. Jadi bila anda mendapati kondisi pemakaian rental sound system anda adalah untuk keperlaun upacara maka sebaiknya mengeluarkan suara mid range yang terdengar jelas.
  4. Bila anda rasa suara yang keluar ke speaker sudah baik dn kuat, anda tinggal memperindah suaranya memalui internal EQ di Mixer anda. Atur Low level, Mid level dan High level sampai didapati suara yang makin empuk. Penggunaan FX Reverb boleh saja namun jangan terlalu bergema apalagi untuk keperlauan pidato / upacara.
    Equalizer dbx sound system
    EQ External dan Compressor

Mengenai Harga Equalizer Audio External yang Original 

Harga Equalizer Sound System - Kesimpulan dari tulisan ini adalah bahwa kita perlu menambah eksternal Equalizer audio pada sound system yang anda punyai. Bila anda belum melengkapi peralatan sound system anda dengan perangkat ini dan kemudian anda memutuskan untuk membelinya maka anda perlu tahu berapa harga Equalizer audio yang original. Karena terlalu banyak model EQ yang bagus dan orisinil di pasaran, maka saya tak bisa membahas harga alat ini satu persatu. Coba anda hubungi dealer peralatan sound system atau toko sound system di Jakarta atau Bandung, syukur-syukur kalau tersedia di kota anda.

Penutup

Saya rasa cukup dari apa yang saya sajikan di sini tentang Mixer Sound System berdasarkan pengalaman harian saya yang kemudian saya kembangkan menjadi sebuah tulisan di situs ini.

Semoga bermanfaat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas komentar anda salam sahabat!!! Rudi thea

Next

Artikel yang mungkin belum Anda baca

Terbaru

Get this widget here

cartegori

Access 2013 (1) Ada Gangguan Satelit (1) air terjun (2) AIWA AKARI AKIRA (1) alam indonesia (2) alat2 rumahtangga dan listrik (4) Alternatif Channel Dari Telkom 1 (1) aneh tapi langka (1) aneh tapi nyata (3) animasi (4) Antariksa (3) antv (2) artikel ku (1) artis indonesia (1) bagai mana cara mencari kerusakan tv (41) bagian prosesor luminance (Y) (3) BEBERAPA PERSAMAAN IC VERTIKAL (2) Bencana alam (6) BERITA SUKABUMI (1) Berita-tekhnologi (36) bertia sukabumi (4) bisnis (2) bisnis online (7) Biss Key Receiver (1) bmkg (1) book speker (1) brisat (2) bunga aneh (3) bus (1) cara buang virus ponsel (1) cara membuat gemuk (1) Cara mengganti nama blog (2) CARA MERAKIT SEMATIK TV (11) cara serpis dvd (18) CARA SERPIS hP (2) cara service (12) cara service tv(elektronics) (166) cara servis monitor (10) cara setting lewat menu factory tv (13) CHINA BRAND (1) Crara Service Mode Tv (3) crt (3) CTV Polytron (6) daerah (3) dan fb (1) Dekorasi (enetrtainment) (4) digital tv (3) digitec (2) DMX Mixer 192 (1) Dunia (1) dvb (2) DVD programming (14) Excel 2013 (1) Facebook (1) facebook internet (15) facebook timeline (2) feedback destroyer (2) Frekuensi Trans 7 (2) gacun (1) garis besar bagian lemari es (1) garis besar mesin tv (7) garits video gratis audio (9) GOLDSTAR HITACHI JVC LG (3) gratis dwnload (2) html (5) IC (1) imelda (1) intel (1) internasional (8) internet mobile (10) inverter (1) jabar (55) jalan raya (1) jejaring sosial (1) kata kata ucapan selamat tidur yang romantis (3) kata mutiara (1) kecelakaan (13) kerusakan haredware komputer (43) kerusakan lcd monitor (3) KERUSAKAN software TV (8) kerusan tv dan penyebab nya (48) kilas berita (149) kode biskey (1) kode ponsel (1) kode remote. (3) kode servis (4) KODE TV (2) koneksi internet (32) kriminal (1) lampu neon (2) LED Par (1) LGSat Azura HD (1) link ku (1) Link to Twitter (1) macam macam kerusakan tv (23) manca negara (2) manfaat tumbuhan buat kesehatan (12) MENGENAL MENGUKUR KOMPONEN ELEKTRONIKA DASAR (20) menurut penalaman (2) mesum (2) mic wirles (1) Microsoft Office (1) minimax (4) mixser (1) modem (1) MODIPIKASI TV (8) nasional (82) Net TV (1) ninmedia (1) olah raga (1) OneNote 2013 (1) OPTION SETTING tv tcl (1) otomotip (1) Outlook 2013 (1) panasonic (1) PANASONIC POLYTRON (1) parabola (9) Pasang Sendiri Parabola (7) pbt (1) pemancar (2) PERKEMBANGAN ELEKTRONIC (4) persamaan ic (3) PERSAMAAN TR HORIZONTAL (1) photo bugil (1) photo edit (3) pla (1) plash message teks berjalan (1) Playstation (1) plyback (2) politik (1) polytron (10) polytron data servis (5) polytron u slim gambar melengkung. (5) poto (6) poto artis sexi (4) poto sexi (3) power (15) power splay (6) PowerPoint 2013 (1) Project 2013 (1) Publisher 2013 (1) rangkain inverter (3) raster gelap (1) reciver (1) remot control (2) remot tv (2) REMOT UNIVERSAL (1) resistor (4) resistor smd (1) sains (1) saluran tv gratis (1) SAMSUNG SANYO (1) satelit (3) satelit merah putih (1) satelit Rusia Techno (2) Satelit Telkom 3S (3) seputar entertainment (10) serba gratis.cari yg gratis. video baru. mp3.pemutar mp3. mp3 gratis. (13) Service Menu Philips (1) Service Mode LCD Monitor (2) servis lcd monitor (3) SERVIS MODE (10) setelt (2) sharp (2) SHARP SONY TCL (1) siaran tv analog (2) siaran tv digital (3) siaran tv transtv (1) siran FTA (1) skema (3) sms gratis (2) software gratis (3) sound system (15) STB DVB-T2 (1) stelit (1) subwoper (1) Sukabumi (10) susnan perangkat audio di lapangan (1) tan (1) Tanaka Lavender (1) tanaman aneh (3) tcl (4) televisi dan keluarga (7) telkom (1) Telkom Minta Maaf (1) telkom3s (1) telkom4 (1) telkomsel (1) tempat wisata alam (7) Tips Blog/webssite (51) Tips Blog/webssite/html (34) Tips pertanian (6) tips software komputer (56) tips trik elektronic (28) tips trik facebook (11) tips trik komputer (43) TOSHIBA (1) tours (1) trafo (1) Trans 7 Satelit Telkom Hilang Sinyal Ini Frekuensi Baru nya (2) Trans TV (2) trans7 (1) transtistor (5) trapo (5) tutorial blog (7) tv china (14) tv komputer (4) tv lg (4) TV MENU SERVIS KODE (15) TV SHARP Protec (2) tv tcl (1) twetter (1) Twitter (1) ucapan hari raya idul fitri (3) ucapan selamat (4) ucapan selamat hari ibu (1) ucapan selamat hari raya idul adha (1) ucapan selamat tidur buat pacar (2) ucapan selamat tidur untuk kekasih (3) ucapan tahun baru (1) ulang tahun (1) universal (1) Venus Spink Mpeg4/HD (1) video porno (1) Visio 2013 (1) Widget Check Berat Blog (2) Windows 8 (11) Wisata Baharia (3) wisata sukabumi (3) wisaya sukabumi (1) Word 2013 (1)

Entri Populer

close
PopAds.net - The Best Popunder Adnetwork