PartS LED . LCD

cari artikel disini

Rabu, 18 Januari 2012

TV China Panas Berlebihan


Kali ini dapet servisan TV China merk ONLY, punya tetangga dekat dengan kerusakan pada rangkaian vertikal, kata yang punya ini Tv : Ini TV baru beli tiga bulan yang lalu tapi kenapa kok cepet rusak ya? Terus kalo dipegang bodynya kok panas sekali sebelum rusak, terus akhirnya nggaris kayak gini Mas?
Seperti biasa langkah pertama buka chasing dulu, cabut itu mainboard, lihat bagian atas barangkali ada yang jebol elco mungkin, kelihatan masih bersih...wong baru tiga bulan dan ternyata ... Ic vertikalnya LA 78040 pecah sampai nggak kelihatan itu serinya, langkah selanjutnya chek lagi bagian bawah boardnya barangkali ada solderan retak, sebelum melakukan penggantian IC biasa chek tegangan vertikal normal, udah lamgsung ganti itu IC dan jreng TV nyala . Wah udah jadi nich..bayaran nich kata Bang SAWALI.......Eiiit tapi tunggu dulu...
Setelah beberapa menit kemudian heatsink yang melintang di tengah, pada IC vertikal dan transistor Horisontal dijadikan satu dalam satu heatsink terasa panas sekali... Wah ini ada yang nggak bener ...ini pasti biangnya ... tapi yang panas IC vertikalnya atau Transistor Horisontalnya? Ternyata Ic vertikalnya yang panas sekali. Langsung aja kulakukan pengechekan ulang pada rangkaian vertikal dari mulai B+ VERTIKAL, elco ataupun capasitor, ternyata baik-baik saja. Apanya nich... atau YOKE nich...
Wah emang bener ternyata Yoke vertikalnya, setelah diukur dengan Multitester nilai impedansi bagian vertikalnya menunjukan hanya 3 ohm, pantes aja IC power vertikalnya panas sekali.
Ini kesalahan pabriknya atau emang Yokenya rusak?, setelah di chek lilitan pada vertikal ternyata pada posisi paralel dengan nilai 3 ohm artinya masing2 lilitan bernilai 6 ohm.
Langsung aja saya rubah yang semula posisi paralel menjadi seri dengan nilai 12 ohm, dicoba pasang kembali dan settingan menu servis disesuaikan dengan layar, karena ada perubahan nilai, dan hasilnya heatsink pun tidak terasa panas yang berlebih lagi. Dan ini bisa menjadi catatan bagi rekan2, bahwa pabrikan pun bisa terjadi kesalahan seperti ini.
Semoga bermanfaat....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas komentar anda salam sahabat!!! Rudi thea

Follow by Email

Next

Artikel yang mungkin belum Anda baca

Terbaru

Get this widget here

cartegori

Access 2013 (1) Ada Gangguan Satelit (1) air terjun (2) AIWA AKARI AKIRA (1) alam indonesia (2) alat2 rumahtangga dan listrik (4) Alternatif Channel Dari Telkom 1 (1) aneh tapi langka (1) aneh tapi nyata (3) animasi (4) Antariksa (3) antv (1) artikel ku (1) artis indonesia (1) bagai mana cara mencari kerusakan tv (41) bagian prosesor luminance (Y) (3) BEBERAPA PERSAMAAN IC VERTIKAL (1) Bencana alam (6) Berita-tekhnologi (36) bertia sukabumi (4) bisnis (2) bisnis online (7) Biss Key Receiver (1) bmkg (1) book speker (1) brisat (2) bunga aneh (3) bus (1) cara buang virus ponsel (1) cara membuat gemuk (1) Cara mengganti nama blog (2) CARA MERAKIT SEMATIK TV (11) cara serpis dvd (18) cara service (12) cara service tv(elektronics) (166) cara servis monitor (10) cara setting lewat menu factory tv (13) CHINA BRAND (1) Crara Service Mode Tv (3) crt (3) CTV Polytron (6) daerah (3) dan fb (1) Dekorasi (enetrtainment) (4) digital tv (3) digitec (2) DMX Mixer 192 (1) Dunia (1) dvb (2) DVD programming (14) Excel 2013 (1) facebook internet (15) facebook timeline (2) feedback destroyer (2) Frekuensi Trans 7 (2) gacun (1) garis besar bagian lemari es (1) garis besar mesin tv (7) garits video gratis audio (9) GOLDSTAR HITACHI JVC LG (3) gratis dwnload (2) html (5) IC (1) imelda (1) intel (1) internasional (8) internet mobile (10) inverter (1) jabar (55) jalan raya (1) jejaring sosial (1) kata kata ucapan selamat tidur yang romantis (3) kata mutiara (1) kecelakaan (12) kerusakan haredware komputer (43) kerusakan lcd monitor (3) KERUSAKAN software TV (8) kerusan tv dan penyebab nya (48) kilas berita (148) kode biskey (1) kode ponsel (1) kode remote. (3) kode servis (4) KODE TV (2) koneksi internet (32) lampu neon (2) LED Par (1) LGSat Azura HD (1) link ku (1) macam macam kerusakan tv (23) manca negara (2) manfaat tumbuhan buat kesehatan (12) MENGENAL MENGUKUR KOMPONEN ELEKTRONIKA DASAR (19) menurut penalaman (2) mesum (2) mic wirles (1) Microsoft Office (1) minimax (4) mixser (1) modem (1) MODIPIKASI TV (8) nasional (82) Net TV (1) olah raga (1) OneNote 2013 (1) OPTION SETTING tv tcl (1) otomotip (1) Outlook 2013 (1) panasonic (1) PANASONIC POLYTRON (1) parabola (7) Pasang Sendiri Parabola (5) pbt (1) pemancar (2) PERKEMBANGAN ELEKTRONIC (4) persamaan ic (3) PERSAMAAN TR HORIZONTAL (1) photo bugil (1) photo edit (3) pla (1) plash message teks berjalan (1) Playstation (1) plyback (2) politik (1) polytron (10) polytron data servis (5) polytron u slim gambar melengkung. (5) poto (6) poto artis sexi (4) poto sexi (3) power (15) power splay (6) PowerPoint 2013 (1) Project 2013 (1) Publisher 2013 (1) rangkain inverter (3) raster gelap (1) remot control (2) remot tv (2) REMOT UNIVERSAL (1) resistor (3) sains (1) SAMSUNG SANYO (1) satelit (2) satelit Rusia Techno (2) Satelit Telkom 3S (3) seputar entertainment (10) serba gratis.cari yg gratis. video baru. mp3.pemutar mp3. mp3 gratis. (13) Service Menu Philips (1) Service Mode LCD Monitor (2) servis lcd monitor (3) SERVIS MODE (10) setelt (2) sharp (2) SHARP SONY TCL (1) siaran tv analog (2) siaran tv digital (3) siran FTA (1) skema (3) sms gratis (2) software gratis (3) sound system (15) STB DVB-T2 (1) stelit (1) subwoper (1) Sukabumi (10) susnan perangkat audio di lapangan (1) tan (1) Tanaka Lavender (1) tanaman aneh (3) tcl (4) televisi dan keluarga (7) telkom (1) Telkom Minta Maaf (1) telkomsel (1) tempat wisata alam (7) Tips Blog/webssite (51) Tips Blog/webssite/html (34) Tips pertanian (6) tips software komputer (57) tips trik elektronic (27) tips trik facebook (11) tips trik komputer (44) TOSHIBA (1) tours (1) trafo (1) Trans 7 Satelit Telkom Hilang Sinyal Ini Frekuensi Baru nya (2) Trans TV (2) transtistor (5) trapo (5) tutorial blog (7) tv china (14) tv komputer (4) tv lg (3) TV MENU SERVIS KODE (15) TV SHARP Protec (2) tv tcl (1) twetter (1) ucapan hari raya idul fitri (3) ucapan selamat (4) ucapan selamat hari ibu (1) ucapan selamat hari raya idul adha (1) ucapan selamat tidur buat pacar (2) ucapan selamat tidur untuk kekasih (3) ucapan tahun baru (1) ulang tahun (1) universal (1) Venus Spink Mpeg4/HD (1) video porno (1) Visio 2013 (1) Widget Check Berat Blog (2) Windows 8 (11) Wisata Baharia (3) wisata sukabumi (3) wisaya sukabumi (1) Word 2013 (1)

Entri Populer